Berita Kesehatan - Organ Tubuh Manusia Yang Bisa Didonorkan - Dunia Dalam Berita

Senin, 14 Agustus 2017

Berita Kesehatan - Organ Tubuh Manusia Yang Bisa Didonorkan

Berita-Kesehatan-Organ-Tubuh-Manusia-Yang-Bisa-Didonorkan
Berita Kesehatan - Tidak banyak orang yang tahu setiap tanggal 13 Agustus merupakan Hari Donasi Organ Manusia untuk menyadarkan kebutuhan donasi organ untuk mereka yang benar membutuhkan. Terlepas dari perihal agama, setiap tahun banyak orang yang meninggal akibat dari kegagalan fungsi organ yang disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan medis tertentu.

Biasanya selain darah, terdapat beberapa dari anggota tubuh manusia yang bisa didonorkan. Bagian apa saja yang bisa didonorkan? Mari kita lihat daftarnya seperti yang dilansir oleh bolsky.com
  • Jantung
Bagian terpenting dari tubuh ini merupakan salah satu organ tubuh paling vital bagi manusia namun ternyata bisa untuk didonorkan dengan catatan transplantasi jantung yang akan dilakukan harus dilakukan dengan cepat ketika sang pendonor dinyatakan telah meninggal. Mereka yang biasanya menerima donor jantung merupakan orang yang mengalami gagal ginjal atau lahir dengan bawaan cacat.
  • Ginjal
 Organ tubuh manusia yang bisa didonorkan lainnya adalah ginjal. Ginjal yang didonorkan bisa dari pendonor yang sudah meninggal atau bahkan yang masih hidup. Hal ini meski memiliki resiko, namun pendonor masih bisa melangsungkan hidupnya meskipun hanya mempunyai satu ginjal.Ginjal yang tersisa tersebut masih bisa tumbuh dan membesar sehingga bisa berfungsi.

  • Paru-Paru
 Untuk transplantasi paru-paru sendiri sudah sering terjadi kepada mereka yang terkena penyakit kanker paru yang mengakibatkan fungsi dari paru tidak berjalan dengan normal. Akan tetapi, untuk paru yang ingin didonarkan dibutuhkan sepasang jadi untuk bisa mendonorkan harus dilakukan oleh orang yang sudah meninggal. 

  • Pankreas
Pankreas bisa didonorkan hanya sebagian oleh pendonornya. Untuk transplantasi tersebut biasa dilakukan oleh orang yang mengalami sakit diabetes tipe 1 ataupun oleh orang yang yang mengalami gagal ginjal stadium akhir.
  • Liver
 Seorang pendonor bisa mendonorkan sebagia dari livernya kepada mereka yang mengalami gagal liver atau penderita kanker liver.

  • Usus Halus
Penderita penyakit usus atau yang disebut juga sindrom usus pendek dimana bisa mengancam nyawa bagi yang membutuhkan transplantasi usus. Untuk usus, biasanya yang didonorkan merupakan usus halus. Transplantasi ini juga termasuk langka.
  • Kornea
Bagian mata yang bisa didonorkan adalah kornea. Bagian ini merupakan jaringan transparan yang melengkung serta menutupi iris dan juga pupil. Untuk transplantasi kornea dilakukan ketika seseorang mengalami gangguan mata tertentu. Pendonor sendiri harus dinyatakan telah meninggal dimana transplantasi juga dilakukan dalam waktu 24 jam usai pendonor dinyatakan meninggal.
 
  • Kulit
Kulit juga bisa didonorkan sebagai cangkokan kulit dimana digunakan untuk mengobati luka bakar serta kehilangan kulit yang diakibatkan oleh infeksi. Hanya kulit bagian atas 1/6 dari kulit yang bisa didonorkan dan harus dicangkokan dalam waktu enam jam.

  • Katup Jantung
Pada seseorang yang menderita penyakit jantung dengan klasifikasi katup sangat memerlukan transplantasi untuk bisa menormalkan kembali fungsi jantung itu sendiri. Untuk transplantasi ini harus dilakukan oleh pendonor yang telah meninggal.
Nah itulah beberapa contoh bagian dari tubuh yang bisa didonorkan. Tentu jika ingin melakukan donor organ, organ yang didonorkan tersebut haruslah dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, jaga terus kesehatan anda jika berminat melakukan donor untuk misi mulia. - Tangkas Online